Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

PPATK Beber Uang Triliunan Hasil Ilegal Jadi Modal Politisi di Pemilu

Selasa, 14 Februari 2023 | Februari 14, 2023 WIB Last Updated 2023-02-14T09:19:57Z

 

Fakta Bersuara, Jakarta - - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengungkap besaran uang hingga triliunan rupiah hasil korupsi dan sumber ilegal lain menjadi sumber pembiayaan di Pemilu.

Pernyataan itu disampaikan Kepala PPATK Ivan Yustiavandana usai rapat bersama Komisi III DPR, Selasa (14/2).


Menurut Ivan, besaran uang itu berasal dari sejumlah transaksi ilegal dan digunakan oleh para politikus secara personal. Namun, dia enggan mengungkap angka pasti dan tokoh politikus yang dimaksud.


"Jumlah agregatnya ya kita enggak ada, enggak bisa saya sampaikan di sini, pokoknya besar ya, triliunan angkanya," ucap dia ditemui usai rapat.


"Kalau masuk ke orang-orang tertentu yang kita duga sebagai political person itu ya ada, banyak juga. Saya tidak bisa sebutkan," tambahnya.


Dugaan pembiayaan pemilu dari hasil korupsi dan sumber ilegal lain itu semula disampaikan Ivan dalam rapat. Dia bilang pihaknya telah menemukan aliran uang dari hasil tindak pidana korupsi digunakan untuk pendanaan pemilu.


Pihaknya terus bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) untuk menindaklanjuti temuan tersebut.


"Dan alhamdulillah hasilnya memang kita melihat ya potensi itu ada. Dan faktanya memang kita melihat potensi itu ada," kata Ivan.


Menurut Ivan, pihaknya telah melakukan kajian soal temuan tersebut dalam dua pemilu terakhir. Namun, dia enggan mengungkap dengan tegas apakah aliran dana tersebut beredar di Pemilu nasional atau daerah.


"Kita sudah ngikutin dari sejak lama ya, karena kan PPATK sudah sekitar dua kali periode pemilu ini kita melakukan riset terus kan setiap pemilu," katanya.


Sumber : CNN

×
Berita Terbaru Update