Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Gelar Mudik Gratis Jakarta-Sumenep, Bupati Kampung Targetkan Ribuan Penumpang

Kamis, 13 April 2023 | April 13, 2023 WIB Last Updated 2023-04-13T09:00:01Z


 

FaktaBersuara, Jakarta – Bupati Sumenep Achmad Fauzi terus melahirkan inovasi-inovasi baru. Terkini, pria yang akrab disapa Bupati Kampung itu menggelar program mudik gratis untuk menyambut Lebaran 2023.


Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Perhubungan Kabupaten (PPPK) Sumenep Mohammad Jakfar mengatakan, mudik gratis merupakan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep yang diadakan setiap tahun untuk mempermudah masyarakat kepulauan.


Dia menyebutkan, Bupati Fauzi Ingin memfasilitasi mereka yang berada di Jakarta bisa kembali ke kampung halaman secara cuma-cuma.


“Rute Surabaya ke Sumenep sudah lama memang kita sediakan. Tahun ini, yang baru itu dari Jakarta ke Sumenep,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (30/3/2023).


Rute Jakarta-Sumenep dipilih karena banyak masyarakat Sumenep dan Kepulauan Sumenep yang bekerja atau merantau di Ibu Kota.


Baca juga: Geliatkan Ekonomi UMKM, Bupati Sumenep Gelar Bazar Takjil Ramadhan


“Kami menyediakan rute ini karena warga Sumenep yang bekerja di Jakarta cukup banyak. Jadi mereka bisa mudik dengan bus gratis ke Sumenep,” jelasnya.


Jakfar mengatakan, layanan mudik gratis yang menjadi inisiatif Achmad Fauzi mulai dilaksanakan sepuluh hari sebelum Lebaran.


Pemkab Sumenep menyediakan sedikitnya 10 armada bus untuk angkutan mudik gratis ke Sumenep, dengan rincian 5 armada untuk rute Surabaya-Sumenep, dan 5 bus untuk rute Jakarta-Sumenep.


Untuk jalur darat, rute mudik gratis yang disediakan Pemkab Sumenep adalah Jakarta-Sumenep dan Surabaya-Sumenep. Kedua rute ini sudah ada dalam agenda mudik gratis di tahun-tahun sebelumnya.


Dengan anggaran kurang lebih Rp 544 juta, Pemkab Sumenep memperkirakan dapat menyasar sekitar 8.500 penumpang dalam mudik gratis pada 2023.


Jakfar menjelaskan, pendaftarannya bisa dilakukan secara online melalui link yang disediakan Pemkab Sumenep.


“Tentu saja peserta mudik harus melengkapi beberapa persyaratan,” ungkapnya.


Untuk masyarakat Kepulauan Sumenep, seperti penduduk Pulau Raas, Masalembu, Sapeken, dan Kangean akan mendapatkan layanan yang sama.


Warga Pulau Raas yang ada di Situbondo bisa mengikuti layanan mudik gratis dengan pemberangkatan melalui jalur laut.


“Kalau yang berangkat dari Pelabuhan Kalianget, ditanggung Pemkab Sumenep,” ujar Jakfar.



Sumber:kompas.com


×
Berita Terbaru Update