Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Habib Ja'far: Merasa Diri Kita Orang Baik Itu Bisikan Setan!

Kamis, 13 April 2023 | April 13, 2023 WIB Last Updated 2023-04-13T04:09:35Z


 

FaktaBersuara, Jakarta - Setan akan menggoda anak cucu Adam hingga tiba hari kiamat nanti. Mereka akan melakukan berbagai tipu daya yang salah satunya memberikan bisikan saat manusia berbuat kebaikan.

Habib Ja'far dalam detikKultum detikcom, Kamis (13/4/2023), menjelaskan bahwa hal itu merupakan permintaan setan kepada Allah SWT sebagaimana disampaikan dalam surah Al Hijr ayat 39-40.


Allah SWT berfirman,


قَالَ رَبِّ بِمَآ اَغْوَيْتَنِيْ لَاُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِى الْاَرْضِ وَلَاُغْوِيَنَّهُمْ اَجْمَعِيْنَۙ ٣٩ اِلَّا عِبَادَكَ مِنْهُمُ الْمُخْلَصِيْنَ ٤٠


Artinya: "Ia (Iblis) berkata, "Tuhanku, karena Engkau telah menyesatkanku, sungguh aku akan menjadikan (kejahatan) terasa indah bagi mereka di bumi dan sungguh aku akan menyesatkan mereka semua, kecuali hamba-hamba-Mu yang terpilih (karena keikhlasannya) di antara mereka."


Habib Ja'far menjelaskan, Allah SWT mengabulkan doa setan lantaran doa tersebut sesuai dengan Sunnatullah, yakni Dia akan menguji hamba-Nya yang mengaku beriman dan taat.


"Dan salah satu ujiannya itu adalah dengan setan dan iblis sebagai pengganggunya, makanya dikabulkan oleh Allah permintaannya," terang Habib Ja'far.


"Dan sejak itu maka setan dan iblis menjadi musuh pertama dan abadi serta yang utama bagi setiap manusia yang berusaha untuk menjadi baik atau yang terus memperbaiki dirinya atau yang sudah baik atau yang mau bertobat untuk menjadi baik," imbuhnya.


Dalam melancarkan aksinya, setan akan melakukan berbagai cara agar iman manusia melemah. Karena itu, kata Habib Ja'far, orang yang melakukan ketaatan, kebaikan, ketakwaan, dan keimanan pasti dia akan menghadapi berbagai rintangan yang sumbernya dari setan.


Habib Ja'far memberikan contoh godaan setan tersebut melalui kisah seorang laki-laki yang berniat menebang sebuah pohon yang diberhalakan oleh warga sekitar. Dengan penuh keimanan, lelaki tersebut mendatangi pohon itu sambil membawa golok.


Lalu, muncullah setan menggagalkan niat lelaki tersebut. Dengan memelas, setan meminta kepada lelaki itu agar mengurungkan niatnya menebang pohon. Sebagai imbalannya, ia berjanji akan memberikan uang kepada lelaki tersebut setiap hari. Uang itu akan diletakkan di bawah bantal si lelaki.


Bagaimana akhir kisahnya dan mengapa orang beriman bisa terkena tipu daya setan?




Sumber:Detik.com
×
Berita Terbaru Update